Selasa, 07 Juni 2011

GAMBAR MEDIA DUA DIMENSI DAN TIGA DIMENSI SERTA KELEBIHAN DAN KELEMAHANNY

Dua Dimensi                                                                                             Tiga Dimensi

           

  • media pembelajaran dua dimesi merupakan media pembelajaran yang menggunakan bidang dua dimensi dimana media ini digunakan untuk menyampaikan informasi dengan cara menggunakan layar yang mempunyai ukuran panjang kali lebar, dimana media ini mempunyai kelebihan dalam penyajianya karena media ini bisa membawa objek pembelajaran hadir di tengah-tengah peserta didik, sehingga peserta didik tidak perlu membayangkan atau membawa benda kerja yang akan dijelaskan oleh instruktur.
  • Media pembelajaran tiga dimensi merupakan media yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media benda asli, dimana kelemahan media tiga dimensi ini adalah penyajiannya membutuhkan tempat yang khusus tetapi mempunyai kelebihan peserta didik tidak perlu membayangkan sesuatu hal yang abstrak melainkan sudah melihat dan mempelajari hal yang kongkrit. Kemungkinan rendahnya nilai hasil belajar peserta didik disebabkan oleh strategi pembelajaran kurang tepat. Dalam hal ini guru mungkin kurang atau tidak memanfaatkan sumber belajar secara optimal. Di antaranya guru dalam menyampaikan pembelajaran sering mengabaikan penggunaan media, padahal media itu berfungsi untuk meningkatkan motivasi dan daya tarik peserta didik untuk belajar.
Penelitian De Porter dalam Saroso (2005) menunjukkan bahwa manusia dapat mengingat suatu informasi dari media dapat dikelompokkan sebagai berikut: 10% dari bacaan, 20% dari pendengaran, 30% dari pengelihatan, 50% dari pengelihatan dan pendengaran, 80% dari dikatakan, dan 90% dari dikatakan dan dilaksanakan. Dengan demikian, kehadiran dan penggunaan media yang sesuai dengan tujuan dan isi pembelajaran akan memberikan kontribusi kemudahan terhadap proses komunikasi pesan-pesan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes